Monday, September 28, 2009

SOTO TANGKAR TANAH TINGGI

SENEN, JAKARTA PUSAT
Soto Tangkar adalah merupakan makanan khas Betawi yang memang banyak dijual di seputaran Jakarta. Namun warung soto tangkar yang satu ini sedikit lebih berbeda jika dibandingkan dengan rumah makan/warung yang menyajikan hidangan soto tangkar. Warung ini terletak di kawasan Senen, tepatnya di Jalan Tanah Tinggi III/54. Warung ini telah berdiri sejak tahun 1946 dan awalnya didirikan dan dikelola oleh H. Ikhsan (alm). Untuk menuju warung ini, kita dapat masuk lewat Kantor Kelurahan Tanah Tinggi. Rutenya adalah dari Pasar Senen (yang terletak di sebelah kiri jalan) maju menuju rel kereta, kemudian memutar balik lalu belok ke kiri mengikuti rute angkot Mikrolet M-01.
Saat ini Warung Soto Tangkar Tanah Tinggi ini dikelola oleh Hasan, anak H. Maing (yang merupakan keponakan dari H. Ikhsan).
Konon kabarnya menu soto tangkar ada sejak zaman penjajahan Belanda dahulu. Tangkar artinya adalah sisa-sisa daging sapi yang masih menempel pada tulang. Karena pada zaman itu, daging sapi kualitas terbaik hanya boleh/dapat dikonsumsi oleh kaum Belanda, sedangkan untuk masyarakat Indonesia termasuk suku Betawi, hanya dapat mengkonsumsi sisa-sisa tulang yang biasanya masih terdapat sisa daging yang menempel pada tulang tersebut. Namun saat ini soto tangkar sudah tidak lagi menggunakan sisa-sisa tulang tersebut.
Soto Tangkar sebenarnya mirip dengan soto betawi, perbedaan terutama di kuahnya. Jika soto Betawi berkuah putih atau kuning, soto tangkar ini kuahnya kuning pekat hampir merah. Soto Tangkar menggunakan bumbu utama (yang menurut Hasan) terdiri dari kunyit, bawang putih, bawang merah, udang kering, dan terasi. Semua bahan itu ditumbuk, selepas itu ditumis hingga bau asli rempah-rempah itu menghilang berganti bau harum. Setelah ditumis, masukkan bumbu-bumbu tersebut ke dalam kuah santan yang sudah terlebih dahulu dipanasi. Tinggal masukkan bahan utama di antaranya daging sapi, iso, babat, paru, kikil, tulang muda, dan tulang rawan dari telinga.
Warung dibuka sekitar pukul 10.00 WIB hingga tutup menjelang maghrib.
Harga satu porsi soto tangkar adalah sebesar Rp 10.000.
Selain menu soto tangkar, di warung ini juga menyajikan sate daging sapi yang cukup enak dengan bumbu kacang yang tidak diulek terlalu halus sehingga ketika dimakan masih terasa butiran kacang yang renyah. Daging sapinya juga terasa empuk.
Harga sate daging 1 tusuk adalah sebesar Rp 1.000.
Warung soto tangkar Tanah Tinggi ini juga memiliki cabang di Pondok Benda, Pamulang 2 (silakan baca artikel terkaitnya di sini).
Mungkin lokasi kuliner yang satu ini dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk Berburu Kuliner.
Dihimpun dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment